Nata de Seaweeds


Nata Rumput Laut (Nata de Seaweeds) merupakan salah satu diversifikasi produk pascapanen rumput laut yang dapat dijadikan sebagai inovasi baru produk nata. Pembuatan nata selama ini menggunakan bahan baku air kelapa (nata de coco) yang sangat terbatas ketersediaan bahan-bakunya sehingga tidak mampu memenuhi kebutuhan pasar. Dengan bahan-baku yang berasal dari rumput laut, nata de seaweeds akan menjadi produk agroindustri unggulan Indonesia mengingat Indonesia adalah produsen rumput laut terbesar di dunia. Usaha nata de seaweeds ini juga memiliki keunggulan lain, yaitu melibatkan usaha mikro kecil petani rumput laut di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta sehingga dari segi ketersediaan bahan-baku maupun keberlanjutan usaha dapat terjamin karena menggunakan pendekatan berbasis pemberdayaan kelompok masyarakat.

Keunggulan nata de seaweeds dibandingkan nata lainnya adalah ketersediaan bahan-baku rumput laut yang mencapai 6.067.000 ton/tahun, teknologi proses lebih ekonomis karena tidak memerlukan penambahan asam asetat seperti halnya pembuatan nata de coco, prinsip pembuatan produk tidak menghasilkan limbah (zero waste fisheries) terutama limbah asam, lebih efisien dalam penambahan gula pasir karena kadar karbohidrat kompleks dalam rumput laut tinggi setelah dilakukan proses hidrolisia asam, serta produk yang dihasilkan lebih baik dalam hal bentuk, rasa, tekstur, maupun warnanya. Dari segi nilai gizi, ternyata Nata de Seaweeds memiliki nilai gizi lebih tinggi daripada Nata de coco, yakni memiliki kandungan serat kasar 54,24% lebih tinggi daripada Nata de Coco serta kandungan air yang lebih rendah sehingga produk lebih kenyal dan awet. Nilai tambah yang dihasilkan dari pengolahan rumput laut menjadi nata de seaweeds adalah sebesar 900% serta proses pembuatannya lebih efisien 50% daripada pembuatan nata de coco biasa. Selain hal tersebut, metode pembuatanĀ  Nata de Seaweeds yang diterapkan Mina Laras merupakan produk pertama kali di Indonesia.

About these ads
Tulisan ini dipublikasikan di Rumput Laut. Tandai permalink.

9 Balasan ke Nata de Seaweeds

  1. one08 berkata:

    siap borong buat ramadhan dan lebaran! :mrgreen:

  2. hadiyanta berkata:

    ennnak saya sudah mencicipi, matur nuwun lho mas alrozi

  3. #99 bro. berkata:

    semoga aku bisa mencicipi..

  4. martini berkata:

    kok webnya ra keurus ngene yo

  5. takdir ridwan berkata:

    Sya tertarik dgn usaha bapak.boleh belajr pembuata nata de seaweeds. Rumput laut di daerah saya melimpah(sulse)mungkin bagus jg kloada cabang usaha bapak di sulsel

  6. muknisah berkata:

    boleh infonya. bisa berguna di daerah sy sbg peghasil rumput laut.

  7. Maxgrosir berkata:

    wahhh bakalan menggeser kehadiran nata de coco nih gan nampaknya karena nilai gizi nya lebih tinggi,

  8. Istanamurah berkata:

    kenyal dan enak nampaknya ya??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s